Anak Priboemi

Google Umbar Source Android 4

Google memenuhi janjinya untuk mengungkap kode penyusun sistem operasi Android Ice Cream Sandwich alias Android 4. Kode yang dirilis adalah Android 4.0.1, yaitu yang digunakan pada Samsung Galaxy Nexus.

Ini adalah untuk pertama kalinya Google merilis kode di balik sistem operasi untuk tablet. Sebelumnya, kode penyusun Android Honeycomb tidak dirilis ke publik.

Adanya source code yang dirilis ke publik membuka kesempatan pengoprek untuk membuat Custom ROM. Ini biasanya digunakan untuk eksperimen maupun untuk memperbaiki kinerja sistem pada perangkat yang ada di pasaran.

Tidak seperti biasanya, kode penyusun Android Ice Cream Sandwich dikeluarkan sebelum adanya perangkat yang menggunakan sistem operasi itu di pasaran. Artinya, komunitas pemodifikasi punya kesempatan lebih awal untuk mempelajarinya.

Teorinya, rilis Android 4.0.1 ini mengandung juga kode untuk Android Honeycomb. Namun Google sengaja tidak memberi penanda khusus bagian mana yang dari Honeycomb dan bagian mana yang Ice Cream Sandwich.

“Rilis ini mencakup seluruh versi sebelumnya (history) dari source code tree Android, yang artinya juga mencakup source code Honeycomb. Tapi, karena menurut kami Honeycomb itu agak tidak lengkap, kami mau semua orang untuk fokus ke Ice Cream Sandwich,” kata Jean-Baptiste Queru, Software Engineer, Android Open-Source Project, Google.

Sumber : KOMPAS.com

November 17, 2011 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: