Anak Priboemi

Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi

Kiwi terkenal sebagai buah penghasil vitamin C terbesar diantara buah-buahan yang lain. Bentuk buahnya yang unik, berbulu dengan tekstur buah yang khas, membuat kiwi digunakan sebagai granis atau hiasan makanan. Kandungan terbanyak dalam kiwi adalah air yaitu sekitar 83% dari beratnya. Kandungan lainnya yang juga banyak adalah karbohidrat (15 gr), protein (1 gr), lemak (0,4 gr), serat (3,4 gr) dan kalori (61 kkal), untuk setiap 100 gram kiwi.

Kiwi sumber vitamin C dan potasium terbaik, selain itu juga mengandung magnesium, fosfor, besi, dan vitamin A. Kiwi menghasilkan vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk manis dan lemon, sehingga dapat dikatakan, kiwi dapat mencegah penyakit tulang bengkok.

Kandungan vitamin C di dalam kiwi jumlahnya 17 kali lipat lebih banyak dibandingkan apel. Kiwi juga mengandung vitamin E, B1, B2, B6 dan vitamin A. Peran vitamin C dan E dalam kiwi berfungsi sebagai antioksidan, zat penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini dan pencegah sel kanker. Tingginya kandungan vitamin C dalam kiwi menjadikan buah ini dapat mempertahankan trubuh dari serangan flu. Selain itu, buah kiwi kaya dengan klorofil dan mempunyai sumber antioksidan yang terbaik. Ia juga tidak mengandungi lemak dan kolesterol. Buah kiwi mengandung actinidin, enzim alami yang dapat mengatasi sembelit Asam askobin-nya melindungi tubuh dari demam dan nyeri persendian. Daging buahnya yang berwarna hijau mengandung magnesium yang bersama dengan vitamin C membuat hati bekerja lebih maksimal. Amino arginine-nya membantu peredaran darah dan mampu mengatasi masalah impotensi.
Kandungan zat lutein-nya diduga dapat mencegah kanker prostate Buah kiwi juga mengandung serat yang tinggi sehingga sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Nilai nurtrisi per 100g (3,5 oz)
Energi 255 kJ (61 kcal)
Karbohidrat 14.66 g
– Gula 8.99 g
– Serat pangan 3.0 g
Lemak 0.52 g
Protein 1.14 g
– lutein and zeaxanthin 122 μg
Thiamine (Vit. B1) 0.027 mg (2%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.025 mg (2%)
Niacin (Vit. B3) 0.341 mg (2%)
Vitamin B6 0.63 mg (48%)
Folate (Vit. B9) 25 μg (6%)
Vitamin C 92.7 mg (155%)
Vitamin E 1.5 mg (10%)
Vitamin K 40.3 μg (38%)
Calcium 34 mg (3%)
Iron 0.31 mg (2%)
Magnesium 17 mg (5%)
Phosphorus 34 mg (5%)
Potassium 312 mg (7%)
Sodium 3 mg (0%)
Zinc 0.14 mg (1%)
Manganese 0.098 mg

Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Source: Sumberdata Nutrisi USDA

Sumber : http://mediaanakindonesia.wordpress.com

October 24, 2011 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: